Kamis, 15 Januari 2015

PEMBELAJARAN MENULIS BERBASIS KARAKTER

Pembelajaran Menulis Berbasis Karakterdengan Pendekatan Experiental Learning

ISBN 978-602-7920-02-6

Dr. Isah Cahyani, M.Pd., adalah dosen tetap pada program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FPBS UniversitasPendidikan Indonesia, Penulis menyelesaikan Sarjana hingga Doktoral-nya di Universitas Pendidikan Indonesia dan beliau konsisten pada bidang keahlian pendidikan Bahasa Indonesia.
Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa program studi: PGSD/PGMI,PG-PAUD dan Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Guru SD/MI, Guru PAUD, serta bag pemerhati pendidikan atau pembelajaran dalam perkembangan kemampuan menulis anak-anak.

Pembelajaran menulis merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan peserta didik sehingga terampil menulis. Kemampuan menulis dapat dikembangkan berdasarkan pengalam an (experiencel. Pengalaman yang diperoleh melalui mendengarkan, berbicara, dan membaca dapat divisualisasikan dengan bahasa tulis. 

Kemampuan memilih kata, menyusun kalimat, menggunakan ejaan, mencurahkan gagasan, dan mengemukakan pendapat secara tidak langsung akan membentuk karakter peserta didik. Misalnya teliti, sistematis, tegas, dan senang menghargai serta berbagi dengan orang lain. Pendekatan experiental learning mengutamakan peserta didik merekonstruksi kembali berbagai pengetahuan dan pengalaman yang pernah ia lakukan. 

Berbagai kegiatan yang dialaminya akan tampak pada coretan atau tulisan sehingga guru harus mampu menerjemahkan simbol-simbol tersebut menjadi sebuah pengalaman belajar yang bermakna.

Buku ini terdiri dari lima bab: 
bab 1 memaparkan selayang pandang pembelajaranl menulis; 
bab 2 menjelaskan prinsip, perencanaan, dan prosedur pembelajaran menulis; 
bab 3 menggambarkan karakter dalam pembelajaran menulis; 
bab 4 menerangkan penerapan pendekatan experiental learning dalam pembelajaran menulis; 
dan bab 5 menyajikan penilaian otentik dalam pembelajar menulis.

Penulis: Dr. Isah Cahyani, M.Pd.
Penerbit: UPI

Harga: Rp. 60.000,-

1 komentar: