Selasa, 10 Maret 2015

PESONA JANTUNG NUSANTARA, JELAJAH SEPEDA MANADO MAKASAR



Tim Wartawan Kompas
Kompas
204 Halaman

Sulawesi sudah lama selalu jadi incaran peturing sepeda dunia. Sejak 1980-an, pulau besar ini sering dilintasi para pesepeda jarak jauh dari berbagai bangsa dan negara, terutama Eropa dan Amerika Serikat. Setelah sempat terhenti akibat kerusuhan sosial Poso pada 2002, sejak 2005 jalur wisata ini kembali hidup. Rute Palopo-Pendolo-Poso-Ampana sejauh sekitar 500 kilometer, misalnya, pernah sangat populer di kalangan pesepeda dunia.

Buku ini adalah salah satu hasil kegiatan jelajah sepeda Kompas yang keenam, perjalanan melintasi Pulau Sulawesi dari utara ke selatan, diikuti oleh lebih dari 50 pesepeda. Kegiatan yang berlangsung selama 14 hari ini menempuh jarak kurang-lebih 1.600 km, berawal di Manado, Sulawesi Utara, dan berakhir di Makassar, Sulawesi Selatan. Kontur 

Pulau Sulawesi yang penuh tanjakan panjang, turunan, dan kelokan-kelokan tajam, berikut suhu udara di beberapa daerah yang mencapai 40 derajat celsius, tidak jadi halangan para peserta untuk terus melaju bersama tunggangan roda dua mereka.

Harga: Rp. 79.000,- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar