Sabtu, 14 Februari 2015

EMOTIONAL INTELLIGENCE & FOCUS dari Daniel Goleman




Daniel Goleman
Gramedia Pustaka Utama
520 Halaman







Daniel Goleman
Gramedia Pustaka Utama
350 Halaman

EMOTIONAL INTELLIGENCE

Apakah IQ merupakan takdir? Goleman memperlihatkan faktor-faktor yang menyebabkan orang ber-IQ tinggi gagal dan orang yang ber-IQ sedang menjadi sangat sukses. Faktor-faktor itu mengacu pada "kecerdasan emosional”, yang mencakup kesadaran diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati, serta kecakapan sosial.

Kecerdasan emosional merupakan ciri orang-orang yang menonjol dalam kehidupan nyata, yaitu mereka yang memiliki hubungan dekat yang hangat dan menjadi bintang di tempat kerja. Ini juga ciri utama karakter dan disiplin diri, altruisme, serta belas kasih—kemampuan-kemampuan dasar yang dibutuhkan bila kita mengharapkan terciptanya masyarakat yang sejahtera.

Sebagaimana ditunjukkan oleh Goleman, kerugian akibat rendahnya kecerdasan emosional dapat berkisar dari kesulitan perkawinan dan mendidik anak hingga buruknya kesehatan jasmani. Rendahnya kecerdasan emosional dapat menghambat pertimbangan intelektual dan menghancurkan karier. Barangkali kerugian terbesar diderita oleh anak-anak, yang mungkin bisa mengalami depresi, gangguan makan dan kehamilan yang tak diinginkan, agresivitas, serta kejahatan dengan kekerasan.

Kabar gembiranya, kecerdasan emosional tidak ditentukan sejak lahir. Karena pelajaran-pelajaran emosional yang diperoleh seorang anak akan membentuk sirkuit otaknya, Goleman memberikan pedoman mendetail tentang bagaimana orangtua dan sekolah dapat memanfaatkan kesempatan emas masa kanak-kanak itu dengan sebaik-baiknya.

Harga: Rp. 90.000,- 





FOCUS

APAKAH ANDA MEMBERIKAN ATENSI? Apakah Anda benar-benar berfokus pada buku di tangan Anda ini? Ataukah Anda sudah mengalihkan perhatian dengan mengecek arloji, e-mail, SMS, Facebook, Twitter, dan sebagainya? Masih menahan dorongan untuk membiarkan pikiran Anda mengembara?

Itu wajar, karena pikiran seorang pembaca biasanya mengembara sebanyak 40% dari total waktu saat dia membaca teks. Namun, apa manfaat dari memberikan atensi untuk jangka waktu lama?
Satu kata: kesuksesan.

Di buku yang ditulis secara brilian ini, Daniel Goleman menunjukkan mengapa salah satu faktor utama kesuksesan di segala bidang kehidupan kita adalah kemampuan kita untuk BERFOKUS.


"Daniel Goleman memahami orang. Dia memberikan perhatian serius pada dasar ilmiah dari mengapa kita adalah apa adanya diri kita.” —Financial Times

Harga: Rp. 90.000,- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar