Rabu, 11 Februari 2015

MENYUSUN TES HASIL BELAJAR



Dr. Budi Susetyo
Penerbit Cakra


Menyusun Tes Hasil Belajar dengan teori ujian klasik dan teori responsi butir

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa dan dosen Fakultas Psikologi, Fakultas llmu Pendidikan, Guru di sekolah umum dan sekolah kejuruan dalam menyusun tes hasil belajar (evaluasi, asesmen), serta patut diketahuijuga oleh calon Guru.


Ada tiga istilah yang sering digunakan dalam pendidikan yaitu pengukuran (measurement),penitaian (assessment), dan evaluasi (evaluation)yang ketiga istilah ini berbeda artinya. Namun banyak kalangan yang menyamakan ketiga istilah itu, bahkan ada yang mengartikan penilaian (assessment) identik dengan membuat tes padahal keduanya berbeda jauh pengertiannya. Membuat tes memiliki ilmu tersendiri baik yang digunakan untuk mengukur kemampuan atau mengungkap pendapat atau kecenderungan dalam menanggapi sesuatu.

Membuat tes untuk mengukur kemempuan seperti hasil belajar ada dua teori yaitu teori ujian klasik dan teori ujian modern atau teori responsi butir. Kedua teori ujian ini berbeda satu dengan yang lainnya dalam melakukan analisis butir tes yang dibuat oleh para pembuat tes. Teori ujian klasik akan tergantung pada kemampuan kelompok sehingga hasil analisisnya selalu berubah-ubah. Teori responsi butir hasil analisisnya tidak tergantung pada kemampuan kelompok sehingga hasil analisisnya tetap atau invarian. Pembuatan tes hasil belajar memerluikan dua keahlian yaitu ahlidalam isiatau materi tes yang berupa bahan pelajaran dan ahli dalam melakrikan analisis tes yang kadang-kadang tidak dimiliki oleh seorang pembuat tes, sehingga harus berdua.

Harga: Rp. 55.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar