Sabtu, 14 Februari 2015

Proses pengembangan Strategi

*Uraian Singkat
Proses pengembangan strategi dimulai dari pengembangan strategi korporat dengan fokus mempertahankan hidup (survival)  Berdasarkan strategi korporat ini, strategi unit bisnis dengan fokus
pada distinctive compentence, kepemimpinan, biaya, diferensiasi mengenai produk, dan fokus pada biaya maupun diferensiasi, disusun



Yang terakhir adalah penyusunan strategi operasional dengan fokus pada prioritas persaingan, biaya, kualitas, fleksibilitas, dan pengiriman
Penerapan strategi operasional ini berupa pengembangan struktur maupun infrastruktur
Pengembangan struktur meliputi :
• Desain organisasi
• Evaluasi kapasitas
• Strategi mengenai fasilitas
• Sistem desain operasional
Pengembangan infrastruktur meliputi :
• Perencanaan operasional
• Pengendalian kebutuhan bahan
• JIT
• Kualitas dan pelayanan kepada konsumen
• Produktivitas dan tenaga kerja
• Penggunaan teknologi manajemen
Selanjutnya, jika perusahaan menerapkan seluruh strategi operasional,
ia akan memperoleh keluaran berupa produk maupun jasa
yang sesuai dengan harapan konsumen  Harapan konsumen ini
dapat diukur berdasarkan kriteria tingkat kepuasan konsumen

Komponen Strategi Operasional
 
3 1  Strategi Kualitas
 
a  Desain yang Fleksibel
 
b  Kualitas yang baik dan konsisten
 
c  Kecepatan Pelayanan
 
d  Harga Relatif Rendah
 
e  Pelayanan Purna Jual
 
f  Variasi Produk
 

3 2  Strategi Produk
   

3 3  Strategi Proses
   

3 4  Strategi Fasilitas
   


Dikutip dari buku:
Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis
Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21
Penulis: Freddy Rangkuti Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 1997

Dapatkan info lebih lanjut dengan membeli buku tersebut dan temukan koleksi buku lainnya dari Freddy Rangkuti dan Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar